Zorro Genji, Kelinciku…

Uw udah lama nih ga nulis sesuatu di blog gara-gara males. Hihi.. Sekarang aku mau cerita peliharaanku aja deh.

Bulan Juli kemaren aku beli anakan kelinci 2 ekor, kata penjualnya sih itu kelinci anggora. Lucu-lucu banget kelincinya, aku jadi pengen bawa pulang semua :’v

Dari dulu aku emang suka sama kelinci, dulu waktu TK juga aku pernah dibeliin kelinci sama bapakku. Ahh betapa senengnya dulu dibeliin hewan lucu gitu, makhluk kecil yang suka loncat-loncat, ngegemesin banget wkwkw Kelincinya aku pelihara selama 3 tahun, dan dia mati gara-gara sakit. Aku ga punya fotonya, dulu belum punya hp yang ada kameranya sih :v

IMG_20180715_135057
Yang kiri Zoro, yang kanan Genji. Kecil banget mereka wkwk

Kenapa aku namain Zoro-Genji?

Aku namain Zorro karena dulu aku sukaaaa banget sama film The Mask of Zorro. Ya, aku seneng sama Zorro, karena dia itu pemberani dan misterius. Cowok keren deh pokoknya.

Trus aku namain Genji karena aku pas SMP pernah nonton Crows Zero pas selesai belajar TIK. Aku, temen-temen sekelas, dan guru TIK nonton film itu pake infokus. Pas nonton, aku fokus ke si Genji. Keren gitu, dia pemberani dan tengil-tengil slengean gitu deh wkwk Asik gayanya.

Nah aku pengen kelinciku jadi kelinci pemberani yang bisa ngelawan kucing garong :v

Genji Diare

Awal-awal melihara Zorro-Genji, si Genji diare. Pas bangun tidur mataku langsung melek pas liat kotorannya kayak bubur, belepotan ke kain yang ada di dalem kandang. Waktu itu aku panik, takut Genji mati. Masa baru beberapa hari melihara udah mati aja.

Genji keliatan lemes gitu. Subuh-subuh aku ngambil daun jambu muda, kali aja ampuh. Trus aku makanin ke Genji, dimakan daunnya tapi cuma dikit. Trus aku seduhin madu biar dia ga lemes.

Aku tunggu sampe siang, kotorannya Genji udah normal lagi. TAPI, pas sore diare lagi, tapi dikit. Duh ya -_-” Trus aku browsing di internet, ada yang bilang diobatin pake obat diare buat manusia yang kapsul ituu, tapi aku ga sreg, ga tau takarannya ntar malah overdosis lagi. Ada yang nyaranin makan daun pisang dan daun pepaya. Aku langsung nyari tu daun. Untungnya dapet.

Aku langsung cuci daunnya. Aku kasih ke Genji daun pisangnya dan dia makan dengan lahap. Kalau daun pepaya aku diemin dulu sampai agak layu, soalnya masih ada getahnya, ga baik buat kelinci. Dan malemnya baru aku kasih ke Genji.

Setelah dikasih daun pepaya dan daun pisang, genji berhenti diarenya. Syukurlah. :v

Kenapa Bisa Diare?

Aku juga ga tau pasti sih, tapi malem sebelum Genji diare, aku kasih kangkung sebatang. sebatang yaaa bukan seiket. Kayaknya kangkungnya belum dicuci dan mungkin ada pestisidanya, makanya diare. Kalau ngasih sayuran ke kelinci mesti dicuci dulu ya gaes ^^

Bersihin Kandangnya Seberapa Sering?

Sesering mungkin. Kotoran kelinci ga berbau, tapi pipisnya itu loohh bau. Kalau punya kelinci ga boleh males bersihin kandangnya. Kelinci itu makhluk yang bersih, dia juga bisa pusing nyium pipisnya sendiri.

Aku sehari bisa lebih dari 5x buangin kotorannya. Kalau aku sibuk, aku cuma guyur aja kotak kotorannya. Tapi kalau ga sibuk, aku cuci pake sabun trus aku sikat juga.

Tempat Tidur Kelinci

Kandang kelinciku terbuat dari stainless yang alasnya bolong-bolong gitu. Biar kelinciku nyaman dan kakinya ga sakit, aku kasih alas kain. Ga semuanya aku amparin kain, aku kosongin di bagian pojok buat Zorro-Genji buang kotoran.

Kalau di kain tempat tidurnya ada kotoran mereka, mereka ga suka. Pasti kainnya digulung-gulung sama mereka, trus kainnya di dorong ke pojokan.

Awalnya aku bingung kenapa kainnya dipojokin. Pas aku rapihin, aku baru ngeh, ternyata di dalam gulungan kainnya ada kotoran mereka wkwk ada-ada aja.

Hoo iya, tiap sore aku selalu ganti kainnya biar mereka nyaman. Kudu rajin nyuci juga gaes wkwk

Makanan Zorro Genji

Sayuran:

  1. Wortel. Pas awal merlihara, aku kasih wortel terus. Dan pada akhirnya Zorro Genji bosen wkwk Sekarang mereka ga terlalu WAH pas aku kasih wortel.
  2. Kangkung
  3. Sawi
  4. Buncis. Mereka berdua suka bangettt sama buncis, mungkin buncis rasanya manis.
  5. Tomat. Tomat ni makanan favoritnya Genji.
  6. Kacang panjang
  7. Bayam (Jarang)

Tiap hari menunya ganti-ganti dan dalam sehari ada beberapa variasi sayuran. Misanya hari ini kangkung dan wortel. Biar mereka ga bosen.

Buah-buahan:

  1. Pir
  2. Pepaya
  3. Apel
  4. Mangga

Kalau buah-buahan cuma aku kasih sesekali doang. Dompetku minta bunuh diri kalau mereka tiap hari makan buah :’D

Zorro-Genji makannya 4x dalam sehari, kapan aja?
1. Pagi (sekitar jam 6an). Aku sarapan, mereka juga sarapan.
2. Siang (sekitar jam 12)
3. Sore (sekitar jam 4)
4. Malam (sebelum aku tidur)

Semenjak punya Zorro Genji, aku jadi sering ke warung sayur pagi-pagi buat beli makanan mereka.

Zorro Genji makan apa aja juga suka sih. Mie, tahu, nasi, tempe, nuget, telor, daging ayam/ikan, makanan yang aku makan mereka suka. xD Mereka tu suka kepo, kalau aku lagi makan pasti digangguin, aku kasih kangkung gamau, maunya makanan yang aku makan xD Waktu itu aku beli minuman sari kacang hijau, aku tuangin dikit ke piring, eh diminum sama mereka wkwk

Oh iya, makanan yang paling baik buat kelinci adalah Hay. Hay adalah rumput jenis alfafa atau timothy yang sudah dikeringkan. Hay banyak dijual di olsho-olshop. Harganya sekitar 60rb/kg. Sampe sekarang Genji dan Zorro belum pernah makan Hay gara-gara aku masih banyak keperluan yang harus dibeli, uangnya belum kebagian buat beli hay 😀 sabar eaaa GenZo…

Kelinci Hewan yang Sensitif

Iya kelinci itu sensitif banget, gampang stres. Sering kan dengar orang lain melihara kelinci baru beberapa hari tapi mati? itu bisa jadi karena kelincinya stres. biasanya orang-orang melihara kelinci buat mainan anak kecil.

Anak kecil gemes banget sama kelinci, mereka suka maksa gendong-gendong kelinci, trus ngejar-ngejar kelinci, itu yang bikin kelinci stres dan akhirnya mati.

Trus yang bikin kelinci cepet mati bisa jadi karena telat dikasih makan atau karena dikasih makan terlalu banyak. Bisa juga kelinci diare dan akhirnya mati karena sayuran yang dimakan kelinci mengandung pestisida. Jadi, kalau ngasih sayuran ke kelinci harus dicuci terlebih dulu.

Oh iya, katanya kelinci jangan dikasih air nanti mati. Itu SALAH BESAR!! Yang namanya makhluk hidup pasti butuh air. Kelinci juga perlu minum. Aku kasih Zoro Genji air mateng.

Kebiasaan GenZo

Zoro tu suka banget ngerebut makanan Genji. Misalnya nih aku kasih  mereka masing-masing 1 wortel. Wortel punya Zorro dicuekin, si Zorronya malah ngerebut wortel Genji trus kadang-kadang dibawa lari makanannya ke kolong meja. Dasar ya Zorro tuh

Zorro cuek, kalau ke luar kandang dia cuma lari-lari bentar habis itu dia nyempil di sela-sela trus tidur. Dia tidur di mana-mana, kadang di bawah tempat tidurku, di depan lemari, di depan kipas, di kolong meja makan, dll.

Kalau Genji beda, pas keluar kandang dia asik lari-larian trus ngumpet. Genji pecicilan banget, dia suka naik-naik dan gigit-gigit sesuatu.

Dulu pas mereka masih kecil, mereka suka banget ngejilatin benda yang warnanya ijo. Tembok rumahku ijo, dijilatin sama mereka. Trus juga daster mamahku dijilatin wkwk hadehh

Bukan cuma kucing dan anjing aja hewan yang pinter, kelinci juga pinter ko. Kelinci hafal bau pipis mereka, kalau pipis/buang kotoran di tempat itu-itu aja.

GenZo aku lepas di dalam kamar dan mereka pinter ga pipis, kalau mereka mau pipis pasti mereka lari ke kandang.

Tapi ya mereka susah banget nurut, ga kayak kelinciku yang dulu. Kelinciku yang dulu, si Awan namanya, dia aku lepas di halaman rumah ga kabur. Kalau di panggil langsung dateng. Digendong diem aja, anteng. GenZo mah ga nurut wkwk aku gendong juga berontak, sering banget kena cakaran mereka.

Ini foto-foto mereka

20180720_075451.jpg

IMG_20180720_211924_HHT

IMG_20180721_072234

IMG_20180725_104717

IMG_20180717_130325
Zorro suka banget tidur xD

IMG_20180729_092226_HHT

IMG_20180807_201644_HHT

IMG_20180806_133622

IMG_20180812_090840
Tumben banget mereka tidur bareng pas di luar kandang

IMG_20180811_172352_HHT

IMG_20180826_071035
Genjieeehhh!!!

IMG_20180826_071036

IMG_20180902_061210

IMG_20180825_140728
Makan yang banyak ya sayang
IMG_20180826_072015
Zorro cantik

Zorro IMG_20180826_072031

IMG_20180826_072229
Genji juga keliatan cantik :v
IMG_20180826_072427
Makan mulu bang
IMG_20180908_103807_HHT
Lagi liat-liat kamarku yang kayak kapal pecah

IMG_20180923_172505

 

Advertisements

Hilang

Dimana kamu?
Yang dulu dinyanyikan burung ketika pagi datang

Dimana kamu?
Yang dulu diceritakan ombak ketika membasahi karang

Dimana kamu?
Yang dulu dibisikkan angin ketika malam dipenuhi bintang

Dimana kamu sekarang?

Menyapa

Kedatanganmu tidak pernah kuduga
Sekian lama hilang dari pandangan
Sekian lama tak mendengar kabar
Kini kau datang untuk menyapa

Bukan hanya menyapa di bibir
Namun juga di hati
Kita menumpahkan segala rasa
Tanpa sadar kita saling menjatuhkan hati

Kedatangamu tidak pernah kuduga
Kau beri warna dan juga rasa
Pada hati yang tawar
Dan pada hari yang tak berwarna

Yang Kau Rahasiakan

Aku tenggelam dalam setiap kata yang kau katakan
Begitu manis dan memabukkan
Aku terbenam dalam dekapanmu
Begitu nyaman, membuatku enggan untuk beranjak

Aku ditarik ke dalam hidupmu
Kau memintaku untuk menyusuri jalan di hatimu
Yang katamu sudah lama kosong
Yang begitu dingin dan juga gelap

Apakah aku akan tinggal di sana?
Memberi rasa hangat dan setitik cahaya?
Mengisi kekosongan yang ada?
Aku hanya menerka-menerka saja

Sampai pada akhirnya langkahku terhenti
Kutemukan sebuah nama di sudut hatimu
Yang selama ini kau rahasiakan
Yang diam-diam enggan untuk kau lupakan

 

Ternyata hatimu masih berpenghuni

Yang Telah Usai

Dua musim telah aku lewati dengan perih yang kurasa
Aku terbenam bersama mimpi-mimpi yang pernah kita buat
Tenggelam bersama rasa yang tertinggal
Terpuruk bersama cerita yang telah usai

Cahaya yang pernah kau bawa kini menghilang dari pandanganku
Gelap, membuatku berjalan tak tentu arah
Akan kucoba temukan jalan
Yang tak ada dirimu di dalamnya

 

 

Berhentilah

Kamu tidak perlu menjadi palsu dengan bermanis muka di depannya. Tanpa kamu katakan, dirinya sudah tahu bahwa hatimu sudah lama pergi, bahwa bukan dia yang kamu cinta. Hanya saja dia lebih memilih untuk diam dan tidak menanyakan perihal perasaanmu. Dia ingin kamu sendiri yang mengatakannya. Tanpa diminta, tanpa dipaksa.

Kamu tidak perlu mengulur-ulur waktu. Waktumu dan waktunya menjadi terbuang sia-sia. Kamu tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk mengakhiri segalanya, karena sepertinya tidak akan pernah ada waktu yang tepat untuk mengatakan itu. Mau tidak mau kalimat itu harus terucap ketika hatimu bukan lagi untuknya, agar luka yang kamu ciptakan tidak bertambah dalam. Agar seseorang yang berdiri di sana dapat mendekapmu kapan saja, tanpa harus bersembunyi-sembunyi dari kekasihmu.

Aku Ingin Menjadi Hujan, Sayang

Aku ingin menjadi hujan, sayang
Yang selalu kau pandang ketika kau sedang mengarang bait-bait lagu
Yang bisa memberikanmu kesejukan
Yang bisa memberikanmu ketenangan saat memandangnya

Untukmu yang tak tersentuh
Aku ingin menjadi hujan
Yang bisa menyentuhmu dengan menjatuhkan diri di keningmu
Walau tak sampai menyentuh hatimu